Anjing merupakan salah satu hewan yang cukup dekat dengan manusia. Bisa dikatakan, anjing adalah tipe hewan favorit yang dijadikan peliharaan. Meski diketahui sebagai hewan yang setia dan lucu, tapi nyatanya tidak semua jenis anjing relatif aman untuk dijadikan hewan peliharaan.

Ada beberapa peranakan anjing yang dikenal sebagai jenis anjing yang relatif berbahaya. Meskipun secara tampilan nampak lucu dan menggemaskan, kamu perlu tahu bahwa 5 jenis anjing ini tergolong sebagai tipe anjing galak yang sebaiknya tidak sembarangan dipelihara kalau kamu tidak begitu tahu penanganan terhadap jenis-jenis anjing ini.

 

1. Alaskan Malmutes

Alaskan Malamute - Sumebr: en.wikipedia.org

Alaskan Malamute – Sumebr: en.wikipedia.org

Sekilas, tampilannya mirip dengan tipe anjing Siberian Husky. Anjing satu ini tampak lucu dengan rambutnya yang lebat dan wajahnya yang relatif tidak garang seperti tipe anjing Doberman. Tetapi, siapa sangka jika Alaskan Malamutes termasuk dalam tipe anjing berbahaya?

Anjing ini memiliki kepribadian yang bebas bahkan cenderung untuk sulit dilatih. Untuk membuatnya tetap bahagia, kamu harus selalu mengajaknya berlatih setiap hari. Meskipun berbadan besar, tipe anjing ini tidak direkomendasikan sebagai anjing penjaga.

 

2. Rottweiler

Rottweiler - Sumber: vetstreet.com

Rottweiler – Sumber: vetstreet.com

Anjing yang satu ini masih cukup mudah kita temukan sebagai anjing penjaga rumah. Dengan tampangnya yang sangar, cukup cocok untuk membantu pemilik dalam mengawasi dan menjaga rumah tinggal.

Rottweller dikenal sebagai salah satu anjing yang kuat namun juga mendapat label sebagai salah satu anjing berbahaya di dunia. Potensi ini meningkat ketika tipe anjing ini mendapatkan perilaku pemeliharaan yang buruk, kerap diabaikan, atau mungkin kurang bersosialisasi dan kurang dilatih.

 

3. German Shepherd

German Shepherd - Sumber: vetstreet.com

German Shepherd – Sumber: vetstreet.com

Atau yang lebih akrab kita sebut dengan nama Herder.

Yap! Anjing satu ini juga kerap kita temui sebagai salah satu anjing penjaga favorit. Tipe anjing ini adalah cerdas, ceria, waspada, dan cenderung berani. Itulah mengapa kepolisian sering menjadikan peranakan anjing ini sebagai anjing polisi.

Namun perlu diketahui bahwa potensi bahaya yang muncul dari tipe anjing ini bisa jadi karena ketidakmampuannya dalam bersosialisasi baik dengan manusia atau sesama anjing — mereka akan cenderung mudah menyerang.

 

4. Pitbull

Pitbull - Sumber: cbc.ca

Pitbull – Sumber: cbc.ca

Secara tampang, anjing ini memang relatif galak dan cukup dihindari sebagai anjing peliharaan keluarga. Pitbull dikenal sebagai salah satu anjing yang cukup agresif dan untuk memeliharanya diperlukan ketekunan dari sang pemilik.

Pitbull sendiri dikenal sebagai salah satu anjing petarung favorit. Terlihat dari tubuhnya yang besar dan latihan yang mereka terima cenderung banyak untuk melatih otot serta mempersiapkan mereka dalam kondisi bertarung. Well, cocok juga untuk jadi penjaga rumah.

 

5. Caucasian Ovcharka

Caucasian Ovcharka - Sumber: sheknows.com

Caucasian Ovcharka – Sumber: sheknows.com

Satu lagi jenis anjing yang nampaknya lucu, imut, dan menggemaskan, tetapi menyimpan potensi bahaya yang cukup besar ketika tidak ditangani secara tepat. Ialah Caucasian Ovcharka.

Tipe anjing ini awalnya dibiakkan untuk tujuan sebagai anjing pelindung ternak. Tipe anjing ini adalah karakternya yang tegas dan berani. Namun, ketika dijadikan peliharaan tanpa mendapatkan pelatihan yang tepat, ia mungkin akan menunjukkan keganasannya yang mungkin menjadi tidak terkendali. Yap, mereka adalah tipe anjing yang berusaha melindungi dirinya dengan sangat kuat.

Tidak ada salahnya memelihara binatang di rumah, baik sebagai teman maupun digunakan sebagai penjaga. Jika kamu berminat untuk menjadikan salah satu atau beberapa tipe dari anjing di atas sebagai peliharaan sekaligus penjaga rumah, kamu harus tahu seluk-beluk mengenai anjing tersebut, termasuk bagaimana cara melatih, merawat, dan menangani. Hal ini penting mengingat selalu ada potensi serangan dari anjing-anjing tersebut karena mereka juga butuh untuk melindungi dirinya sendiri.