Kalau di Indonesia, museum yang paling sering dan banyak kita temukan adalah seputar museum perjuangan. Tidak heran, sejarah bangsa kita yang harus berjuang dan menumpahkan darah demi mendapatkan kemerdekaan adalah kisah-kisah yang tidak boleh dilupakan, bahkan harus dituturkan kepada generasi penerus sebagai landasan hidup bahwa mereka harus memperjuangkan kemerdekaan yang sudah diraih Indonesia saat ini.

Tapi, kalau kita mengunjungi negeri Tulip, Belanda, kita bisa jadi akan terbelalak dan terheran heran karena adanya museum-museum yang antik cenderung aneh. Seperti 5 museum paling aneh yang ada di Belanda ini – sekaligus menjadi alternatif wisata yang memberikan edukasi bagi para pengunjungnya.

 

#1 Museum Vrolik

Museum Vrolik - Sumber: tripadvisor.com

Museum Vrolik – Sumber: tripadvisor.com

Kalau kamu tipe orang yang tertarik dengan anatomi tubuh manusia, atau memang kamu seorang mahasiswa kedokteran, Museum Vrolik akan jadi destinasi wisata di Belanda, khususnya di Amsterdam, yang cukup tepat dan keren. Mengapa?

Museum ini memiliki koleksi spesimen patologi, embrio, tengkorak, dan berbagai anatomi abnormal lainnya. Museum ini sebenarnya bagian dari Universitas Amsterdam dan berawal dari koleksi pribadi ilmuwan asal Belanda bernama Gerardus Vrolik.

Museum Vrolik beroperasi setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 10.00 hingga 17.00 waktu setempat dan tidak ada biaya retribusi – kecuali menginginkan pemandu dengan syarat maksimal 15 peserta dan biaya €35 per kloter.

 

#2 Torture Museum

Torture Museum - Sumber: ogut267.blogspot.com

Torture Museum – Sumber: ogut267.blogspot.com

Kalau Museum Vrolik menunjukka koleksi terhadap anatomi tubuh manusia khususnya pada kasus abnormal, museum satu ini memperlihatkan koleksi kejahatan dan sadisme yang dilakukan manusia terhadap sesamanya dalam rangka penyiksaan.

Museum satu ini juga didesain kecil, gelap, dan berusaha menimbulkan atmosfer mencekam. Ada berbagai peralatan unik yang ditampilkan di sini seperti Guillotine serta barang-barang mistis semacam tengkorak dan kursi judas.

Peralatan yang dikoleksi di museum ini cukup menakutkan dan relatif berbahaya. Jadi kalau iseng berkunjung ke sini, tetap hati-hati untuk tidak menyentuh dan memainkannya ya!

 

#3 Hash Marihuana and Hemp Museum

Hash Marihuana and Hemp Museum - Sumber: tripadvisor.com

Hash Marihuana and Hemp Museum – Sumber: tripadvisor.com

Marijuana dianggap sebagai barang haram dan ilegal di Indonesia. Akan tetapi, berbeda halnya ketika barang ini sampai di Belanda. Bukan hanya dianggap sebagai barang biasa, tetapi cenderung istimewa hingga dibuatkan museum khusus.

Hash Marihuana and Hemp Museum adalah museum khusus yang memiliki koleksi marijuana atau ganja. Jangan salah, ganja yang dipamerkan di sini bukan sekadar sebagai pemuas nafsu bagi mereka yang merupakan pecandu, tetapi pihak museum juga memberikan informasi penting terkait dengan fungsi ganja sebagai obat, keperluan budaya, bahkan untuk kepentingan agama!

Hanya butuh €9.00 per orang jika ingin masuk ke museum ini atau gratis bagi anak berusia di bawah 13 tahun yang didampingi orang dewasa. Museum ini buka mulai pukul 10.00 hingga 22.00 waktu setempat. Selain di Amsterdam, museum ini juga terdapat di Barcelona.

 

#4 Tattoo Museum

Amsterdam Tattoo Museum - Sumber warungkopi.okezone.com

Amsterdam Tattoo Museum – Sumber warungkopi.okezone.com

Butuh inspirasi tato? Berkunjunglah ke Amsterdam Tattoo Museum!

Di sini kamu bisa melihat segala sesuatu yang berhubungan dengan tato seperti jarum, foto, desain siap pakai, bahkan yang paling aneh adalah daging yang ada dalam toples acar!

Ada lebih dari 40.000 benda koleksi di sini yang awalnya dimiliki oleh Henk Schiffmacher. Dalam museum ini terbagi dalam 4 wilayah berdasarkan geografisnya yaitu Afrika, Amerika, Asia, dan Oceania.

 

#5 Dutch Funeral Museum

Funeral Museum - Sumber: forum.merdeka.com

Dutch Funeral Museum – Sumber: forum.merdeka.com

Museum aneh yang bisa jadi atlernatif destinasi di Belanda adalah Museum Pemakaman Belanda. Museum ini fokus pada pamera budaya pemakaman yang ada di Belanda, bagaimana cara menghormati leluhur, dan memberi tahu kita tentang prosesi pemakaman sepanjang sejarah. Beberapa barang koleksi yang banyak dipamerkan di sini adalah mobil jenazah dan pakaian berkabung.

 

Bagaimana? Masih berminat untuk menjelajahi yang aneh-aneh di Belanda?