Dunia ini tercipta dengan begitu uniknya. Bukan hanya kaya akan keanekaragaman hayati, tapi juga unik karena banyak hal-hal di luar logika. Mungkin kita pernah mendengar soal Misteri Al Naslaa yang unik karena sebuah batu besar bisa terbelah secara lurus layaknya dipisahkan pedang tajam. Atau mungkin kita juga pernah mendengar tentang eksistensi Stonehenge yang sampai saat ini masih menjadi misteri mengenai bagaimana hal itu bisa terbentuk.

Keunikan lain datang dari beberapa pulau istimewa berikut. Mengapa istimewa? 5 pulau ini terbilang unik dan indah namun sayangnya mungkin kamu belum tahu tentang keberadaan mereka termasuk dalam wilayah administrasi negara mana. Bisa jadi alternatif juga nih kalau kamu merasa masih punya dana lebih untuk berkunjung ke destinasi pulau wisata yang nggak mainstream seperti kunjungan teman-temanmu.

 

1. Sakhalin

Pantai Okhotsk,Pulau Sakhalin - Sumber: desertsun.co.uk

Pantai Okhotsk,Pulau Sakhalin – Sumber: desertsun.co.uk

Hamparan rumput hijau di pinggiran laut lepas mungkin menjadi pemandangan yang asing bagimu. Itulah mengapa kalau kamu mau liburan anti mainstream, kamu bisa menjadikan Sakhalin sebagai destinasimu.

Nah, perkaranya, kamu belum tahu tempat ini di mana.

Pulau ini sempat diperebutkan Rusia dan Jepang namun setelah Perang Dunia II berakhir, Pulau Sakhalin diklaim oleh Rusia. Pulau yang menjadi pulau terbesar di Rusia ini memiliki luas 78.000 km persegi dan dihuni oleh lebih dari 670.000 jiwa. Ya, sudah tahu kan berapa kira-kira dana yang harus disiapkan untuk tiket penerbangan ke Rusia?

 

2. Curacao

Kondisi Kota Pulau Curacao - Sumber: island-on-map.com

Kondisi Kota Pulau Curacao – Sumber: island-on-map.com

Alternatif pulau anti mainstream kedua yang sekaligus menjadi pulau terindah yang mungkin belum pernah kamu dengar adalah Curacao. Letaknya ada di Laut Karibia, cenderung dekat dengan pesisir Venezuela.

Meski letaknya ada di Laut Karibia, pulau ini sebenarnya masih berada di bawah Kerajaan Belanda. Maka nggak heran kalau kamu berkunjung ke pulau ini kamu justru menemukan bangunan yang lekat dengan arsitektur khas negeri Tulip tersebut.

Apa yang menarik dari Pulau Curacao? Warna-warni! Ya. Berjalan-jalan di area pulau ini saja kamu sudah dimanjakan dengan bangunan berbagai warna yang lengkap dengan pernak-pernik berwarna terang. Apalagi ketika kamu masih berada di pesawat dan menyaksikan lautan warna di Pulau Curacao. Keren!

 

3. Rugia / Rügen

Tebing Kapur di Pulau Rugia atau Rugen - Sumber: natureflip.com

Tebing Kapur di Pulau Rugia atau Rugen – Sumber: natureflip.com

Lokasinya ada di Laut Baltic dan merupakan pulau terbesar yang dimiliki oleh negara Jerman.

Yang menarik dari pulau ini adalah pantainya yang cantik, perpaduan hamparan pasir pantai yang unik, lautan yang biru dan luas, serta tebing kapur.

Rugia atau Rügen sendiri menjadi destinasi favorit bagi para pecinta seni dan arsitektur. Panorama yang indah dari Rugia juga menarik minat wisatawan yang hobi berburu foto di wilayah ini.

 

4. Azores

Salah Satu Sudut di Azores - Sumber: huffingtonpost.com

Salah Satu Sudut di Azores – Sumber: huffingtonpost.com

Berlibur di pulau vulkanik nampaknya akan jadi pilihan wisata yang tidak mainstream dan diprediksi bakal jadi trend di antara teman-temanmu.

Kalau niatmu begitu, coba deh kunjungi Azores, sebuah pulau vulkanik yang lokasinya ada di wilayah Samudera Atlantik bagian Utara. Pulau ini masih menjadi bagian dari negara Portugal. Iklim yang bersahabat, pantai yang cantik, dan pemandangan menakjubkan yang tercipta secara alami adalah daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang mau dan sudah berkunjung.

 

5. Madeira

Keindahan Pulau Madeira - Sumber: expedia.com

Keindahan Pulau Madeira – Sumber: expedia.com

Sampai deh pada alternatif terakhir pulau terindah yang sebaiknya kamu kunjungi. Madeira mungkin tak pernah sekali pun terdengar lewat telingamu. Tapi, percayalah, pesonanya bisa disandingkan dengan Pulau Bora-Bora.

Tempat kelahiran dari pemain sepak bola terkenal, Christiano Ronaldo, ini punya pemandangan alami yang keren sekali terutama di sisi pantainya. Keindahannya sulit dideskripsikan dengan kata-kata, kamu harus datang langsung ke Madeira sesegera mungkin dan jadi saksi betapa tempat ini begitu memanjakan mata dari pemandangan harian yang lekat dengan rekatnya bangunan dan kesibukan kota besar!

 

Dan masih banyak lagi pulau-pulau indah yang ada di dunia dan tidak cukup terkenal di telinga orang awam. Meski begitu, jangan terburu-buru menyambangi semuanya, ya. Satu-satu dulu deh. Paling tidak, setelah 5 pulau indah ini kamu sambangi, bisa dong berbagi kisah dan dokumentasi pribadi pada kami? Hehe.